Kutipan tulisan ini sekedar
mencarikan sumber bacaan untuk siswa kelas 6 yang akan mengikuti US SD 2016, Pada
Kisi-Kisi Mata pelajaran Bahasa Indonesia tertera: Menentukan kalimat sesuai isi iklan.
Berikut kutipannya:
Penulisan atau kriteria bahasa iklan
Penulisan bahasa iklan
adalah cara menggunakan kata-kata dan menentukan topik untuk memasarkan suatu
barang atau jasa, dan bisa juga untuk mempromosikan suatu tempat kepada
khalayak luas. Iklan yang di buat, bisa berupa pamflet, papan reklame, video
broadcast, dan lain-lain. Penulisan bahasa iklan yang baik, harus memenuhi
beberapa kriteria, antara lain:
1. Menggunakan
kalimat persuasif yang berarti membujuk atau memberi daya tarik pada barang
atau jasa yang di
promosikan.
promosikan.
2. Menjelaskan
keunggulan (special features) barang atau jasa tersebut.
3. Menggunakan
bahasa yang familiar atau bahasa yang biasa digunakan oleh masyarakat.
4. Menggunakan
istilah-istilah unik.
5. Menggunakan
kata-kata kutipan yang berasal dari sumber lain.
6. Menggunakan
produk sebagai topik utama dalam penulisan iklan.
7. Menggunakan
istilah-istilah asing.
8. Menggunakan
padanan kata atau perbandingan dalam penulisan iklan.
9. Tidak
bersifat menjatuhkan produk lain.
10. Tidak menyinggung produk lain.
11. Menggunakan bahasa yang sopan.
12. Tidak memasukan unsur-unsur yang akan menimbulkan
konfrontasi.
13. Tidak memasukan unsur-unsur yang berbau kekerasan dan
pornografi.
14. Menggunakan kata-kata peringatan dalam pemakaian
produk jika perlu.
15. Memberikan gambaran yang jelas tentang produk.
dikutip dari:
http://randyset.blogspot.co.id/2013/12/penggunaan-bahasa-indonesia-pada-iklan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar