Senin, 21 Maret 2016

SOAL UJI COBA US SD BHS. INDONESIA 2016


Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor 1 dan 2.
     Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan dengan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi.
     Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik. Para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter. Sebetulnya beragam kiat untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahraga.
1.  Kalimat utama dalam paragraf  ke satu adalah …
A.       Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan.
B.       Jenis diet pun bermacam-macam.
C.       Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging.
D.       Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.
2.  Kesimpulan yang tepat  pada paragraf tersebut adalah  ....
A.      Kita harus berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
B.      Olahraga adalah diet yang paling efektif
C.      Para remaja di kota-kota besar tidak mengalami kesulitan untuk melakukan diet
D.      Pilihlah cara diet yang bervariasi
Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor 3, dan 4
Belajar kelompok merupakan salah satu cara belajar yang sangat bagus untuk perkembangan siswa. Belajar kelompok sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dan di rumah. Belajar kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap sebuah materi pelajaran. Belajar kelompok dapat melatih siswa untuk berkomunikasi dengan baik. Belajar kelompok dapat juga menumbuhkembangkan rasa sosial di antara siswa dan ajang saling berbagi ilmu pengetahuan. 
3. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah … .
A.      Belajar kelompok tidak efektif diterapkan untuk siswa di rumah.
B.      Belajar kelompok dapat melatih siswa untuk berkomunikasi dengan baik.
C.      Belajar kelompok dianggap buruk karena tidak memiliki banyak manfaat.
D.      Belajar kelompok dapat juga mengasah kemampuan siswa dalam bersikap curang.
4. Kalimat tanya yang tepat sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A.       Mengapa belajar kelompok disukai siswa?
B.       Apakah siswa membutuhkan belajar kelompok?
C.       Apakah manfaat belajar kelompok bagi siswa?
D.       Kapan belajar kelompok dilakukan oleh siswa?
Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor  5 dan 6.
Pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional
     Bertempat di Museum Listrik dan Energi Baru, Minggu, 27 April 2008 dilakukan pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional (GHLN). Pencanangan dilakukan oleh Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri para pejabat negara, kalangan pengusaha serta anak-anak sekolah. Acara ini diprakarsai oleh Departemen Energi dan Sumber Daya, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Energy Management Indonesia. Melalui GHLN masyarakat disadarkan untuk membudayakan hemat listrik.
     Perilaku hidup boros dalam menggunakan listrik harus diakhiri agar laju penggunaan listrik dapat diredam. Selain itu, pemborosan dalam bidang kelistrikan merupakan tindakan tidak terpuji.
     Budaya hemat listrik perlu dilakukan secara berkelanjutan sebab energi semakin mahal dan terbatas. Untuk itu budaya hemat listrik perlu ditanamkan secara luas di masyarakat termasuk kalangan generasi muda dan anak-anak.
5. Bagaimanakah cara menciptakan budaya hemat listrik secara berkelanjutan?
A.  Mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional di masyarakat.
B.  Memprakarsai Gerakan Hemat Listrik Nasional bagi anak-anak.
C.  Menanamkan perilaku hidup hemat listrik secara luas di masyarakat.
D.  Mengajak generasi muda dan anak-anak untuk berperilaku terpuji.
6. Sikap yang sebaiknya ditunjukkan oleh generasi muda terhadap program hemat energi adalah …
A.  mendukung dan melaksanakan Program Hemat Energi.
B.  mengetahui dan mempelajari Program Hemat Energi.
C.  tidak mempedulikan, karena mengganggu kegiatan belajar.
D.  memberitahu adik kelasnya  tentang Program Hemat Energi.