Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor 1 dan 2.
Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan dengan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi.
Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan dengan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi.
Kaum wanita berlomba-lomba
melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik. Para remaja di
kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter.
Sebetulnya beragam kiat untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila
dilakukan dengan berolahraga.
1. Kalimat
utama dalam paragraf ke satu adalah …
A. Banyak iklan yang menawarkan jasa
untuk menurunkan berat badan.
B.
Jenis diet
pun bermacam-macam.
C.
Ada diet
macan yang lebih mementingkan konsumsi daging.
D.
Beragam kiat
dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.
2. Kesimpulan yang tepat pada paragraf tersebut adalah ....
A.
Kita harus berlomba-lomba
melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
B.
Olahraga
adalah diet yang paling efektif
C.
Para remaja
di kota-kota besar tidak mengalami kesulitan untuk melakukan diet
D.
Pilihlah cara
diet yang bervariasi
Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor 3, dan 4
Belajar kelompok
merupakan salah satu cara belajar yang sangat bagus untuk perkembangan siswa.
Belajar kelompok sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dan di
rumah. Belajar kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap
sebuah materi pelajaran. Belajar kelompok dapat melatih siswa untuk
berkomunikasi dengan baik. Belajar kelompok dapat juga menumbuhkembangkan rasa
sosial di antara siswa dan ajang saling berbagi ilmu pengetahuan.
3. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah
… .
A.
Belajar
kelompok tidak efektif diterapkan untuk siswa di rumah.
B.
Belajar
kelompok dapat melatih siswa untuk berkomunikasi dengan baik.
C.
Belajar
kelompok dianggap buruk karena tidak memiliki banyak manfaat.
D.
Belajar
kelompok dapat juga mengasah kemampuan siswa dalam bersikap curang.
4.
Kalimat tanya yang tepat sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A.
Mengapa belajar kelompok disukai siswa?
B.
Apakah siswa membutuhkan belajar kelompok?
C.
Apakah manfaat belajar kelompok bagi siswa?
D.
Kapan belajar kelompok dilakukan oleh siswa?
Teks bacaan berikut untuk menjawab nomor 5 dan 6.
Pencanangan Gerakan
Hemat Listrik Nasional
Bertempat di Museum
Listrik dan Energi Baru, Minggu, 27 April 2008 dilakukan pencanangan Gerakan
Hemat Listrik Nasional (GHLN). Pencanangan dilakukan oleh Hj. Mufidah Jusuf
Kalla dan dihadiri para pejabat negara, kalangan pengusaha serta anak-anak sekolah.
Acara ini diprakarsai oleh Departemen Energi dan Sumber Daya, PT Perusahaan
Listrik Negara, dan PT Energy Management Indonesia. Melalui GHLN masyarakat
disadarkan untuk membudayakan hemat listrik.
Perilaku hidup boros
dalam menggunakan listrik harus diakhiri agar laju penggunaan listrik dapat
diredam. Selain itu, pemborosan dalam bidang kelistrikan merupakan tindakan
tidak terpuji.
Budaya hemat listrik
perlu dilakukan secara berkelanjutan sebab energi semakin mahal dan terbatas.
Untuk itu budaya hemat listrik perlu ditanamkan secara luas di masyarakat
termasuk kalangan generasi muda dan anak-anak.
5.
Bagaimanakah cara menciptakan budaya hemat listrik secara berkelanjutan?
A. Mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional di
masyarakat.
B. Memprakarsai Gerakan
Hemat Listrik Nasional bagi anak-anak.
C. Menanamkan perilaku hidup hemat listrik secara luas
di masyarakat.
D. Mengajak
generasi muda dan anak-anak untuk berperilaku terpuji.
6. Sikap yang sebaiknya ditunjukkan
oleh generasi muda terhadap program hemat energi adalah …
A. mendukung dan melaksanakan Program Hemat
Energi.
B. mengetahui dan mempelajari Program Hemat
Energi.
C. tidak mempedulikan, karena mengganggu
kegiatan belajar.
D. memberitahu adik kelasnya tentang Program Hemat Energi.