Senin, 14 Februari 2011

etnografi

ANALISIS TEMA BUDAYA

Menurut Spradley bahwa analisis tema budaya yaitu mencari hubungan diantara domain dan hubungan dengan keseluruhan, yang se-lanjutnya dinyatakan ke dalam tema tema sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian.
Spradley mengemukakan beberapa strategi untuk membuat sebuah analisis tema yang diperoleh dari penelitiannya sendiri yakni: a) melebur, b) membuat suatu inventarisasi budaya, c) membuat sebuah analisis komponen untuk berbagai domain bahasa asli informan, d) mencari kemiripan di antara berbagai dimensi kontras, e) mengidentifikasi domain-domain yang meng-atur, f) membuat diagram skematik suasana budaya, f) mencari tema-tema universal, g) menulis ikhtisar ringkasan suasana budaya, h) membuat be-berapa perbandingan dengan berbagai suasana budaya yang hampir sama.
Pencarian tema dengan strategi yang dikemukakan di atas dilakukan dengan melebur diri selama berada di lapangan penelitian.

Contoh penelitian etnografi terhadap Bahasa Mee. Tema yang diperoleh dalam penggunaan Bahasa Mee, di Kabupaten Paniai. Pemakaian bahasa Mee yang dilakukan oleh masyarakat etnis Mee biasanya dilakukan di gereja, sekolah, dan di kantor pemerintahan. Berdasarkan catatan lapangan ditemukan beberapa tema secara universal dalam pemakaian bahasa Mee berikut ini.
a. Pendeta dapat berkhotbah dengan bahasa Mee.
b. Pengurus gereja dapat berkomunikasi dengan bahasa Mee.
c. Guru sekolah minggu dapat berkomunikasi dengan bahasa Mee.
d. Jemaat dapat berkomunikasi dengan bahasa Mee.
e. Guru dapat mengajarkan bahasa daerah melalui muatan lokal.
f. Guru dapat mengajarkan seni budaya melalui pengembangan diri.
g. Siswa dapat mememakai bahasa Mee saat berada di luar sekolah.
h. Aparat kampung/desa dan distrik/kecamatan dapat berkomunikasi de-ngan bahasa Mee saat pelayanan publik.
i. Aparat kampung/desa dan distrik/kecamatan dapat berkomunikasi de-ngan bahasa Mee saat di halaman kantor.
j. Kepala kampung/desa dan Kepala distrik/camat dapat berkomunikasi dengan bahasa Mee saat memimpin rapat.

1 komentar: