Rabu, 03 Oktober 2018

BUDIDAYA
POHON BUAH TIN
SDN KEBON SIRIH 04

Assalamualaikum Wr.Wb

Saking terobsesinya dengan manfaat buah Tin kami mencoba membudidayakannya di sekolah.Kami awali dari satu jenis yaitu Green Jordan. Disamping bisa dijadikan bahan ajar materi Sains tentang Perkembangbiakan Tanaman di sekolah, semoga bermanfaat membantu penghijauan umumnya.
















Berikut kami tulis ulang info yang berharga ini, mohon izin untuk mengutip sumber sumber yang ada;
https://id.wikipedia.org/wiki/Tin

Nama ilmiah : Ficus carica. Nama daerah: tin atau ara
Ficus adalah genus tumbuh-tumbuhan yang secara alamiah tumbuh di daerah tropis dengan sejumlah spesies hidup di zona ugahari. Terdiri dari sekitar 850 spesies, jenis-jenis Ficus ini dapat berupa pohon kayu, semak, tumbuhan menjalar dan epifit serta hemi-epifit dalam familia Moraceae.

Nama ilmiah: Ficus

Pohon Buah Tin sebenarnya memiliki banyak jenis secara varietasnya. Namun, secara popularitas, Jenis Pohon Tin yang yang populer dan mudah beradaptasi  di tanam di Indonesia ada beberapa macam saja. 
Keunggulan buah tin selain mudah dibudidayakan, juga memiliki banyak khasiat manfaat bagi kesehatan. Buah tin juga berbuah kapan saja tanpa mengenal musim. Buah tin secara biologis berbuah di umur delapan bulan dari awal penanaman. Buah tin bisa ditanam di Pot Besar ataupun ditanam di Tanah. Adapun macam-macam dari Pohon Tin yang sudah diuji tanam di Indonesia dan berhasil dengan baik adalah sebagai berikut :

Jenis Pohon Buah Tin Terpopuler dan Terbaik

1. GREEN JORDAN (LN) Tin Hijau dari Yordania

Green Jordan Fig (LN) atau Pohon Buah Tin Hijau Yordania ini yang paling adaptif mudah tumbuh di tanam di Indonesia dan beranting banyak, baik ditanam di Tanah maupun dalam Pot Besar, Rasa buah yang manis dengan besar buah 40-60 Gram berwarna hijau kekuningan dan sangat rajin berbuah dan lebat, daun berjari lima kecil, Pohon buah Tin ini adalah jenis yang terbaik dari nagara asalnya Yordania di lembah Jordan.

2. PURPLE JORDAN (LN) Tin Ungu dari Yordania

Purple Jordan ( LN ) Pohon Tin Ungu | Ara | Common Fig | Ficus Carica Tin Ungu dari Yordania ini yang memiliki warna buah yang cantik dan menawan dengan rasa buah yang manis mudah untuk ditanam karena sangat adaptif dengan iklim Indonesia serta rajin berbuah dan lebat berat buah mencapai 50-70 Gram, sangat cocok untuk koleksi tanaman anda baik untuk ditanam di Pot Besar, di halaman atau perkebunan.

3. BROWN TURKEY Pohon Tin asal Turki

Brown Turkey Fig Varian Pohon Tin ini mempunyai buah Tin cukup besar yang beratnya mencapai : 50-60gram, berwarna coklat -kehitaman ,dengan buah sangat productive / rajin berbuah , Rasa sangat manis , dan sangat adaptif di tanam di Indonesia sehingga cocok untuk menambah koleksi tanaman langka pada halaman, taman atau kebun anda.
  
4. PANACHE | Tiger Fig

Pohon Tin Panache / Tiger Fig adalah varian tin yang langka dan unik memiliki warna buah yang sangat indah ( Varigata ) dengan ukuran buah Tin seberat 50-60 Gram , berwarna strip kuning dan Hijau, sangat produktif dan sangat adaptif untuk di tanam di Indonesia, sehingga banyak diburu penggemar / kolektor Pohon Tin, segera lengkapi koleksi tanaman anda dengan hadirnya Pohon Tin jenis Panache untuk menyegarkan Halaman, Taman atau kebun anda.

5. TENA FIG Pohon Tin dari Prancis

Tena Fig Pohon Tin Jenis langka ini di import dari Francis ( Baud Nursery) , warna buah Kuning Gold , cukup produktif , rasa buah paling manis di kelasnya , berat buah : 50-60 gram , tahan curah hujan tinggi sehingga cocok untuk ditanam di Iklim Indonesia. Sugar Content : 22 Brix.

6. ABICOU Fig Pohon Tin dari prancis

Abicou Fig Pohon Tin France langka ini mempunyai buah Tin yang sangat Unique (umumnya-Lonjong /Bulat ) dengan berat : 55-65 gram , berwarna , hitam dark , productive dengan rasa buah yang manis dan sangat cocok di koleksi / di tanam dalam Pot sebagai koleksi Tin Exclusive dirumah ANDA atau di kebun . Kulit buahnya , agak tebal , sehingga tahan tranportasi comercial untuk buah Figs segar , sangat terkenal di Francis selatan , Portugal , dan beberapa negara Eropa Selatan secara komersial untuk dikonsumsi dalam bentuk Buah segar (Fresh Figs).

7. KHURTMANI | RED PALESTINE

Pohon Tin Red Palestine ( Khurtmani Fig ) ini memiliki ukuran buah yang cukup besar dan warna yang unik dengan berat 70-80 Gram berwarna merah kehitaman, sangat productive rasa buah sangat manis, daun berjari lima, sangat adaptif di tanam di Indonesia, Tin ini adalah jenis terbaik di Negaranya Israel dan Lembah Jordan. Lengkapi koleksi tanaman unik dan langka anda dengan menghadirkan Red Israel / Kurtmani Fig di Halaman, Taman atau kebun anda.
 Untuk melakukan pembudidayaan pohon tin atau pohon ara ini sangatlah mudah, kurang lebih hampir sama dengan cara membudidayakan tanaman buah lainnya. Anda bisa membudidayakan tanaman ini baik dengan cara dicangkok atau di tanam dengan bijinnya. Untuk kedua cara budidaya pohon tin, kurang lebih seperti yang kami jelaskan dibawah ini.
 1. Budidaya pohon tin dengan sistem cangkok
 Budidaya pohon tin dengan cara dicangkok ini memiliki kelebihan dibandingkan jika menanam dengan biji yang diantaranya adalah pohon cepat berbuah menyerupai pohon indukannya, kualitas buah yang dihasilkan pun sama dengan pohon induknya. Bila kalian memiliki pohon tin dan ingin membudidayakan dengan cara dicangkok silahkan anda lakukan hal hal dibawah ini.
 Memilih induk pohon tin
Pilih induk pohon tin berkualitas bagus
Pohon tin yang berkualitas bagus adalah yang dapat tumbuh cepat serta subur selain itu sudah menghasilkan buah dengan rasa yang manis tentunya.
 Proses cangkok pohon tin
Pilihlah bagian batang dari cabang pohon tin ini untuk dilakukan pencangkokan. Silahkan anda lukai kulit batang dan dikupas sehingga terlihat batang kayunya. Selanjutnya tempelkan kompos yang telah dicampur dengan tanah atau sekam padi dengan perbandingan 1:1 pada bagian batang yabg dikupas tadi. Kemudian bungkus dengan menggunakan plastik polibag dan di ikat kuat, jangan lupa untuk melubangi plastik polibagnya untuk pernafasan, atau yang lebih bagus lagi adalah dengan menggunakan sabut kelapa dan tunggu sampai kurang lebih selama 2 atau 3 minggu, selama waktu tersebut akar akan tumbuh.

Bila pohon hasil cangkok sudah berakar, potong dan kemudian tanam pohon tin hasil cangkokan tadi kedalam polibag atau didalam pot dan disimpan di area yang teduh selama kurang lebih 1 minggu, hal ini dimaksudkan agar si pohon dapat beradaptasi dengan akar barunya tadi untuk mencari sumber makanan sendiri. Setelah 1 minggu berlalu anda bisa memindahkan ke area tanam yang disinari matahari agar bisa tumbuh dengan baik dan maksimal.
 2. Cara menanam buah tin dari biji
 Alternatif untuk menanam pohon tin atau pohon ara bila anda tidak memiliki pohon indukan untuk dicangkok adalah menanam dengan biji, caranya adalah sebagai berikut ini :
 Mencari / menyiapkan Benih
Untuk mempersiapkan benih untuk ditanam, silahkan anda cari buah tin yang telah matang atau sudah tua dan mulai agak mengering. Silahkan dibelah buah tin tersebut kemudian pisahkan biji didalam buah. Jemur sampai mengering kemudian angkat dan taruh di tempat yabg teduh dan kering.

Siapkan media penyemaian
Untuk menyemaikan biji buah tin yang telah dikeringkan tadi, silahkan anda buat media tanam berupa campuran tanah dan juga sekam atau pupuk kandang dan juga pasir. Untuk perbandingannya bisa gunakan perbandingan antara tanah, sekam, dan pasir dengan perbandingan 2:2:1. Setelah dicampurkan anda bisa menaruh media tanam tadi kedalam polibag atau nampan khusus menanan dan biarkan selama kurang lebih 2 hari sebelum ditanami biji dari buah tin.

Setelah 2 hari media tanam dibiarkan, saatnya menanam biji tin kedalamnya. Caranya silahkan anda sebarkan biji biji buah tin diatas media tanam tadi, kemudian tutup dengan tanah secara tipis serta merata dan lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore agar media penyemaian benih ini selalu terjaga kelembabannya. Selama kurun waktu 4 hingga 5 minggu biji dari buah tin tadi akan tumbuh dan mengeluarkan tunasnya. Dan bila ketinggian pohon tin sudah mencapai kurang lebih 15 sampai 20 cm, anda bisa memindahkan tanaman tin ini ke dalam plastik polibag baru kemudian bisa anda bawa dan tanam di lahan permanen seperti di kebun, sawah dan lain sebagainya.

Persiapan lahan tanam pohon tin
Untuk lahan penanaman pohon tin atau ara ini bisa menggunakan pot besar, potongan drum atau langsung ditanam di pekarangan rumah atau sawah. Anda bisa mengisi pot atau potongan drum dengan mengunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu sebelum ditanami. Hal ini bertujuan untuk mengurangi suhu panas dari reaksi kimia pupuk kandang. Bila anda langsung menanam saat itu juga bisa dipastikan pohon akan kepanasan dan mati. Setelah 2 minggu berlalu barulah anda bisa menanamnya pada media tersebut.

Untuk cara menanam di pekarangaj atau kebun atau sawah caranya sama, silahkan anda buat lubang galian tanam dengan dimensi 50 x 50 x 50 dan di isi dengan campuran pupuk kandang + tanah + sekam padi dan biarkan selama 2 minggu baru bisa anda tanami setelah nya.

Cara merawat pohon Buah Tin

Untuk cara perawatannya sangatlah simpel sekali karena pohon buah ini sudah beradaptasi dengan sangat baik di seluruh wilayah Indonesia.  Cukup lakukan penyiraman yang baik dan teratur tiap pagi dan sore hari serta membersihkan hama tanaman yang tumbuh disekitar pohon buah tin.

Pemupukan lanjutan
 Untuk pemupukan kembali anda bisa memberikan pupuk pada bulan ke 4 setelah pohon tin ditanam. Sangat dianjurkan untuk menambahkan larutan pupuk cair organik atau EM4 yang ditambah dengan gula agar pertumbuhan pohon ini cepat subur dan menghasilkan buah yang banyak dan manis.

Masa panen buah tin

Untuk panen buah ini bukanlah buah musiman, sehingga bila pohon dari buah tin mulai berbuah, maka selamanya akan berbuah tanpa harus menunggu musim buah tiba. Pohon hasip cangkokan lebih cepat berbuah ketimbang pohon yang berasal dari biji sehingga bila anda ingin membudidayakan tanaman ini sebaiknya pilihlah bibit hasil cangkokan dari induk tanaman yang bagus.
  

A. Manfaat Buah Tin


 Khasiat Buah Tin dalam Al-Quran dan Hadits

Buah tin memiliki khasiat yang sangat fenomenal. Sampai-sampai, bukan hanya dikenal oleh kalangan masyarakat secara umum saja, tapi juga disebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Quran, tepatnya di surat At-Tin ayat 1-2. Begitupun di dalam Hadits Rasuluah SAW yang menyebutkan beberapa khasiat dari buah tin.

Khasiat buah tin dalam Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW:
”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)
Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad)”

Nutrisi dan Kandungan Buah Tin

Kandungan nutrisi buah tin dikenal cukup lengkap, baik nutrisi yang berbentuk mineral maupun vitamin. Dengan alasan inilah, akhirnya buah tin diposisikan sebagai buah super nutrition oeh para ahli.
Kandungan buah tin di antaranya ada omega 3, omega 6, dan kalium yang fungsiya adalah untuk menjaga agar terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Buah tin juga mengandung coumarin yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit kanker prostat.
Selain itu, buah tin kaya akan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak keropos atau osteoporosis. Kandungan trytophan juga terdapat di dalam buah tin yang manfaatnya adalah sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Buah tin juga kaya akan serat, dan hal ini tentu sangat baik bagi yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.
Dilansir dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz), berikut ini nutrisi dan kandungan buah tin:
1. Energi 250 kcal 1040 kJ
2. Karbohidrat 63.87 g
3. Gula 47.92 g
4. Dietary fiber (serat) 9.8 g
5. Lemak 0.93 g
6. Protein 3.30 g
7. Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
8. Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
9. Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
10. Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
11. Vitamin B6 0.106 mg 8%
12. Magnesium 68 mg 18%
13. Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
14. Vitamin C 1.2 mg 2%
15. Zinc 0.55 mg 6%
16. Kalsium 162 mg 16%
17. Iron 2.03 mg 16%
18. Fosfor 67 mg 10%
19. Potassium 680 mg 14%

Cara Makan Buah Tin / Ara
 Dikutip dari Wikihow, cara makan buah tin berdasarkan kondisinya terbagi menjadi 2, yaitu buah tin segar dan buah tin kering. Berikut ini cara-cara makan buah tin yang disarankan:

Cara Makan Buah Tin Segar

Dimakan secara utuh.
Disajikan bersama keju yang kuat rasanya.
Merebusnya terlebih dahulu.
Diawetkan terlebih dahulu.
Ditambahkan ke dalam roti atau kue.

Cara Makan Buah Tin Kering
Dimakan secara langsung.
Direndam di dalam air.
Ditambahkan ke dalam roti atau kue.
Ditambahkan ke dalam oatmeal atau bubur.
Dimasukkan ke dalam keju cottage atau yogurt.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar