Sabtu, 14 September 2013

UMROH DI ANCOL



Ancol , Jumat, 19 April 2013

Disampaikan NH kepada Gunawan
1.      Bahwasanya air adalah sumber kehidupan bagi manusia yang datang dari langit (bukan dari bumi) yang pada hakekatnya adalah pemberian Allah. Ketahuilah bahwa segala kotoran yang tertumpah ke laut akan dinetralisir oleh air laut.
2.      Jangan sekali-kali mengabaikan pelajaran dari gurumu. Untuk memantapkan keyakinan dan kenyataan akan tugas-tugas yang diberikan, diperlukan kesabaran dan qonaah untuk melaksanakannya. Tugas-tugas itu juga hendaknya dilaksanakan dengan menghilangkan sikap egois, dan tamak.
3.      Ingatlah; “Ud’uni astajib lakum “ (3x).
“UD’UNI ASTAJIB LAKUM“ (QS 40: ayat 60)
“Ud’uni astajib lakum“ Artinya: “Berdoalah padaku,maka niscaya akan kukabulkan” Jadi Alloh malah memerintah kepada setiap muslim untuk minta, minta, dan minta apa saja kepada Alloh. Alloh tidak akan bosan memberi apa saja yang diminta hambanya. Doa adalah otaknya ibadah, makin sering kita berdoa, berarti kita makin banyak mengerjakan ibadah, sehingga makin banyak pula pahala yang kita dapatkan. Bahkan Alloh marah jika ada hambanya yang tidak mau minta pada Alloh.
- Rosul SAW bersabda dalam HR.Tirmidhi:
“Mallam yas-alillaha yagh dob’ alaihi “ Artinya: “Barang siapa yang tidak berdoa kepada Alloh,maka Alloh marah pada nya” Jadi Doa adalah salah satu ibadah yang sangat penting dikerjakan. Saat kita butuh pertolongan Alloh,kita segera berdoa pada Alloh. Ada beberapa hal yang seharusnya dikerjakan agar doa kita mustajab atau dikabulkan Alloh.
- Dalam HR.AbuDawud Umar bin khotob berkata:
“Sesungguhnya Nabi ketika mengangkat kedua tangannya untuk berdoa,maka Nabi tidak meletakkan kedua tangannya sampai kedua tangannya mengusap wajahnya” Jadi saat berdoa,Nabi mengangkat kedua telapak tangan nya dan tetap mengangkat lalu diakhiri dengan mengusapkan kedua telapak tangannya di wajah beliau.
- Rosul SAW beresabda dalam HR.Tirmidhi:
“Barang siapa yang ingin dikabulkan doanya oleh Alloh saat menghadapi cobaan yang berat dan kesusahan,maka memperbanyaklah doa pada waktu LONGGAR nya”
- Rosul SAW bersabda dalam HR.Abudawud:
“Doa akan dikabulkan oleh Alloh,selagi TIDAK TERGESA2 dia, maksudnya dia berkata: aku telah berdoa,tapi belum dikabulkan “
- Rosul bersabda dalam HR.AbuDawud:
“Kamu Jangan berdoa dengan mengatakan: ’ya Alloh ampunilah aku JIKA KAMU MENGHENDAKI, ya Alloh kasihinilah aku JIKA KAMU MENGHENDAKI. Tapi kalian supaya MENETAPKAN permintaan kalian. sesungguhnya perbuatan tersebut bukanlah sebuah paksaan pada Alloh. sumber: “http://desaakhirat.wordpress.com/2012/06/07/doa-mustajab/
4.      Pada hakekatnya, tentang pelajaran keyakinan itu diibaratkan seperti manusia. Jangan dipikirkan terlalu dalam dan terlalu menggunakan akal. Seperti manusia sebagai perumpamaan. Manusia pada mulanya adalah tidak ada (nyata) tetapi menjadi ada (nyata). Ketika manusia belum lahir maka dapat dikatakan manusia itu belum ada, dan dikatakan ada setelah manusia itu dilahirkan.
Yakinlah akan kenyataan dan keberhasilan tugas-tugas yang telah diberikan. Janganlah memikirkan uang sebagai ukuran atau barometer, karena pada hakekatnya barometer keberhasilan tugas yang diberikan adalah peningkatan kedekatan dan ketaqwaan diri kepada Allah.
5.      Ketahuilah bahwa air laut itu asin. Asinnya air laut dapat diibaratkan dengan kehidupan manusia. Hidup manusia yang tidak berasa asam seumpama kehidupan yang hambar tanpa rasa dan makna. Bukankah masakan daging yang tidak diberi garam akan terasa hambar dan tidak enak rasanya.
6.      Ketahuilah bahwa yang di dalam diri Gurumu ibarat gunung yang sangat besar yang akan meluluhlantahkan dunia tidak dengan panasnya, tetapi ia akan melakukannya dengan kearifan dan kebijakannya. Karenanya, jangan sekali-kali melalaikan tugas dan perintahnya. Jangan gunakan akal pikiran dalam mengerjakan tugas dari gurumu agar segera menjadi kenyataan.
7.      Lihatlah temanmu yang sedang tidur itu. Ketahuilah bahwa manusia yang tidur adalah mati dan akan hidup ketika ia dibangunkan oleh Allah.
8.      Aku mengizinkan jika kalian akan berziarah ke makam-makam keramat, asalkan tetap fokus kepada tugas. Niatkan ketika berziarah untuk berdoa di makam orang soleh, karena bahwasanya mereka akan mengamini doa kita.
9.      Ketahuilah, kedatangan kalian kesini ibarat berumroh.
Penjelasan Pak Jupri; umrah adalah
-          kegiatan menyempurnakan keislaman,
-          ungkapan rasa rindu/kangen kepada Allah,
-          dapat bermanfaat untuk menunjukkan semangat beribadah kepada Allah.
10.  Setelah ini pergilah ke masjid untuk membahas hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar